Friday 17 August 2012

Asadha Puja 2556 BE / 2012

Puja Bhakti Asadha di Vihara Budhi Bhakti

Minggu pagi yang cerah tanggal 8 Juli 2012, di Vihara Budhi Bhakti, segenap umat yang hadir bersama-sama memperingati hari Suci Asadha. Peringatan Hari Suci Asadha ini mengingatkan kepada kita bah

wa Dhamma ajaran Buddha telah dikenalkan oleh Guru Agung kita sejak 2601 tahun yang lalu, dan untuk pengajaran Dhamma pertama kali pun harus Brahma Sahampati yang memohon untuk pembabaranNya.

Peringatan Asadha ini memang sederhana, dimulai dengan pelantunan paritta suci, bermeditasi, dan ceramah Dhamma oleh YM. Bhikkhu Vuddhiko, dan dilanjutkan dengan pembacaan Asalha Puja Gatha. Diakhiri dengan blessing dan Pelimpahan Jasa.

Perayaan yang diadakan memang sederhana, namun dalamnya penuh dengan kandungan makna spiritual yang dapat kita petik di dalamnya. Ajaran Buddha memang sederhana, namun rumit bagi yang enggan memahaminya dan memiliki kebodohan batin yang tebal. Ajaran Buddha sangat praktikal dalam kehidupan sehari-hari kita. Mari kita tidak menyia-nyiakan kehidupan ini. Mari kita mempraktekkan Dhamma, menjalankannya dalam realisasi akan Sila yang baik, Samadhi yang tekun, dan Panna yang membahagiakan.
 
 

0 comments:

Post a Comment