Sunday 16 June 2013

Perayaan Waisak Yos Sudarso (2557 BE/2013)

Walaupun Yos Sudarso Batam merupakan sekolah Katholik yang dibawahi oleh yayasan Tunas Karya, namun ternyata murid-murid yang bersekolah di sana banyak yang beragama Buddha terutama murid-murid SMA Yos Sudarso. Terlebih Waisak merupakan hari beragama yang penting bagi umat Buddha yang perlu dirayakan oleh umat Buddha sehingga dengan pertimbangan ini maka GMVBB pun mengadakan Perayaan Waisak di SMA Yos Sudarso untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2555 BE/2011.




Perayaan Waisak di SMA Yos Sudarso tahun ini agak berbeda dari tahun sebelumnya, yang dapat terlihat dari tempat dilaksanakannya Perayaan Waisak ini, jumlah peserta/murid yang mengikuti acara ini dan juga Bhante yang menghadiri dan memimpin Kebaktian tahun ini pun berjumlah 4 orang yaitu YM. Bhante Vuddhiko, Bhante Thittapanno, Bhante Adhitthanapanno dan Ashin Kusalananda. Waktu diadakannya juga berbeda dari tahun-tahun lalu dimana selalu diadakan seminggu setelah Waisak, namun pada tahun ini diadakan lebih cepat yaitu seminggu sebelum Waisak tepatnya hari Jumat, 17 Mei 2013 pada pukul 12.00-14.00.

 

Acara dimulai dengan dengan menyanyikan lagu Kami Datang Bersujud untuk menyambut Bhikkhu Sangha memasuki ruangan, menyalakan lilin Panca Warna dan dilanjutkan dengan acara Kebaktian seperti biasa jika dihadiri oleh Bhante. Namun Kebaktian tersebut diselingi juga dengan menyanyikan lagu untuk memperingati Waisak seperti Kelahiran Buddha, Malam Suci Waisak dan Saat Parinibbana. Juga dilakukan pembacaan Vesakha Puja Gatha untuk memperingati Hari Waisak. Adapun Dhammadesana disampaikan oleh Ashin Kusalananda yang mengajak murid-murid Yos Sudarso untuk selalu mengingat dan menghormati keluhuran Tiratana (Buddha, Dhamma, Sangha), tidak dengan berbagai persembahan tapi dengan mempraktekkan ajaran Dhamma dengan sungguh-sungguh. Tidak lupa juga sebelum acara selesai dilakukan pelimpahan jasa yang diwakili oleh murid-murid Yos Sudarso dan juga pemberkahan yang dilakukan oleh Bhante Adhitthanapanno. Akhirnya acara selesai dan Bhante pun meninggalkan SMA Yos Sudarso. Sungguh Perayaan Waisak yang tidak kalah ramai dan tentram seperti di Vihara-Vihara. Semoga tahun depan Perayaan Waisak ini tetap dapat dilanjutkan kembali di SMA Yos Sudarso.


Sadhu..Sadhu..Sadhu..

0 comments:

Post a Comment