Saturday 6 May 2017

Sepekan Penghayatan Dhamma - 7

"Saatnya Memaknai Waisak Sesuai Dhamma" menjadi tema terakhir dari kegiatan SPD.

Seperti yang kita ketahui di dalam kehidupan, manusia pada hakikatnya memiliki 3 sifat, yaitu :
- manusia yang suka berputar-putar di alam kehidupan
- manusia yang dari jalan terang menuju jalan kegelapan 
- manusia yang dari jalan gelap menuju ke jalan yang terang

Rangkaian Sepekan Penghayatan Dhamma ini adalah rangkaian kegiatan dalam memperingati hari raya Waisak. Waisak memperingati 3 hal yang berkaitan dengan Bodhisatva dan Sang Buddha.

Yang pertama adalah Kelahiran Sang Bodhisatva yang disebut sebagai Sidharta Gotama. Ketika Sang Bodhistva lahir, terjadinya gempa tetapi tidak menimbulkan korban. Ini salah satu ciri khas dari kelahiran Bodhisatva.

Ciri yang kedua adalah turun hujan yang hangat. Saat Bodhistva lahir, Ia dapat berjalan sebanyak 7 kali, dan setiap kali ia berjalan tumbuh bunga teratai. Kenapa 7?, karena ketika Bodhisatva lahir ia telah memiliki 7 tingkat kesucian (terdapat dalam Bojangga Sutta).

Apa yang yang kita maknai dari Kelahiran Bodhisatva ini?, yang dapat kita maknai dari Kelahiran Sang Bodhisatva ini adalah ketika kita lahir di dunia ini berarti kita sudah siap untuk yang namanya menderita dan juga kita harus menghormati dengan sangat hormat dengan mereka yang disebut Ibu.

Yang kedua Pencapaian Penerangan Sempurna. Yang dapat kita maknai dari Pencapaian Penerangan Sempurna dari Sang Buddha adalah Kita dapat Sukses dalam melakukan suatu hal.

Yang terakhir adalah Maha Parinibanna Sang Buddha, namun disini kadang kita tidak dapat memaknai karena Buddha itu sudah sempurna dan siap kapan saja untuk Parinibanna, sedangkan manusia yang masih banyak kekotoran batin dalam hatinya, sangat belum siap. Mengapa? Karna kita belum banyak melakukan banyak Kebajikan.

Kita harus memahami waisak dari Kelahiran, Pencapaian Penerangan Sempurna, dan Maha Parinibanna Sang Buddha. Karena ini ada kaitannya dengan diri kita, dengan kehidupan kita.

Image may contain: one or more people, living room, table and indoor

Image may contain: 1 person, indoor

Image may contain: 1 person, sitting and indoor


0 comments:

Post a Comment