Thursday 22 March 2012

Kilas Balik Kegiatan Vihara Budhi Bhakti

Kegiatan Tahun 2011


1 Januari 2011

Selamat Tahun Baru dan Hari Metta 2011.
Vihara Budhi Bhakti mengawali tahun baru bersama umat Buddha dengan melaksanakan Puja Bhakti bersama dan diakhiri dengan Fangshen. Kegiatan ini dipimpin oleh YM. Bhante Vuddhiko yang memandu kegiatan Fangshen bersama.
Happy Metta Day 2011


Setelah melaksanakan Fangshen dan dana makan ke Bhikkhu Sangha, Generasi Muda Mudi Vihara Budhi Bhakti juga mengadakan pembagian nasi bungkus ke anak jalanan di jalanan sekitar Nagoya. (Suiyuan…suiyuan)










17 Januari 2011
Generasi Muda Mudi Vihara Budhi Bhakti  (GMVBB) turut menghadiri undangan dari Yayasan Buddha Tzuchi Batam dalam acara Pemberkahan Akhir Tahun 2010 di Hotel Pacific Palace Batam.

Februari 2011

Tahun baru Imlek 2562 jatuh pada tanggal 3 Februari 2011. GMVBB turut mengadakan silahturahmi (Paicia) ke rumah teman-teman pengurus dan sesepuh. Sambilan minta angpao.. hehe ^_^ Sungguh Bahagia. Gongxifacai….


Selain itu, GMVBB juga mengadakan tour sehari ke beberapa wihara yang ada di Batam.




Dalam suasana Imlek, kami juga mengunjungi rumah sesepuh Umat Buddha, Bpk. Alo, yang menjadi salah satu pendiri Vihara Swarna Giri. Disini kami diperkenankan untuk melihat relik-relik Buddha dan siswa utama Buddha yang terletak di altar rumah Bpk yang dikatakan berasal dari Thailand, Srilanka.

Ini menurut penjelasan, merupakan relik darah dari Sang Buddha...
Dimana dikatakan reliknya sudah beranak banyak...

24 Maret 2011
Bulan Maret 2011, Generasi Muda Mudi Vihara Budhi Bhakti berperan serta menjadi Panitia Ajahn Brahm Tour D’Indonesia 2011 ke Batam. Dengan ketua panitia, Bpk. Ngateman, S.Ag. Acara ini diadakan pada Kamis, 24 Maret 2011, pukul 18.30 WIB di Hotel Pacific Palace. Dhammatalk ini memenuhi gedung Ballroom Pacific Palace hingga 2500 orang. Sungguh luar biasa baik.Dhammatalk dengan tema “Let Go Ego” ini disampaikan dengan cukup menarik oleh YM. Ajahn Brahm dengan dimoderator oleh Romo Handaka Wijayananda dan penerjemah Hendra Widjaja. Acara diakhiri dengan peluncuran buku Cacing dan Kotoran Kesayangan 2.

Esok Paginya, pas Jum’at Pagi, 25 Maret 2011, kami segerombolan bersama panitia, turut mengadakan  dana makan pagi kepada YM. Ajahn di Hotel Novotel Batam.



April 2011
Di bulan April, GMVBB tetap semangat dan mempersiapkan Kegiatan Waisak 2555 B.E. Tampak di foto kegiatan Paduan Suara untuk siswa-siswi Sekolah Minggu Buddhis tingkat SMP dan SMA/K. Kelas Padus ditutor oleh Laose Nicky.


Pada bulan April juga dilaksanakan kegiatan Lomba Sekolah Minggu Buddhis untuk menyambut Waisak 2555 B.E. untuk tingkat SD, SMP, dan SMA

Anak-anak Sekolah Minggu Buddhis Vihara Budhi Bhakti sedang membuat
Mading untuk Lomba Karya Mading
Lomba Go Green Creativity tingkat SMA
Mei 2011
Pada bulan Mei, Vihara Budhi Bhakti merayakan Hari Raya Waisak 2556 B.E. Kegiatan Waisak antara lain penyalaan pelita & Pemandian Buddha rupang yang dibuka selama 3 hari, kemudian Puja Bhakti Waisak 2555 B.E. dan Puja Bhakti menyambut detik-detik Waisak yang dilanjutkan dengan prosesi lilin (pradaksina) dan Pentas Seni Waisak 2555 B.E.

Berbagai kegiatan menarik yang dilakukan oleh GABI (Anak-anak SD) Vihara Budhi
Budhi Bhakti seperti perlombaan dan jalan Santai
Anak-anak Sekolah Minggu Buddhis Vihara Budhi Bhakti tingkat SMA
menunjukkan kebolehannya dalam memasak dalam Lomba Memasak
Penyalaan pelita & Pemandian Buddha Rupang yang dibuka selama 3 hari
di Vihara Budhi Bhakti
Sdr. Candy Mudyta, Ketua GMVBB sedang Diwawancarai
oleh wartawan
Puja Bhakti Waisak 2555 B.E.
Puja Bhakti menyambut detik-detik Waisak 2555 B.E. ( 18.08.23 )
& Prosesi lilin (Pradaksina)
Waisak Di SMAK Yos Sudarso
Pada tanggal 20 Mei 2011, Vihara Budhi Bhakti juga mengadakan Perayaan Waisak 2555 B.E. di Sekolah SMA Katolik Yos Sudarso Batam Centre. Kegiatan ini merupakan kegiatan Waisak  perdana di Sekolah SMA Yos Sudarso


Agustus 2011
Dalam bulan ini, GMVBB diundang untuk mengisi kegiatan Penghayatan Dharma di 2 Sekolah. Pada tanggal 5 - 6 Agustus 2011, GMVBB diundang oleh Sekolah Harapan Utama untuk mengisi kegiatan Pesantren Kilat Buddhis tingkat SMP. Harapan GMVBB agar anak-anak SMP juga termotivasi untuk mengenal Dharma dan memiliki keyakinan yang kuat terhadap Buddha Dharma.

GMVBB juga mendapatkan kesempatan untuk mengisi kegiatan Pesantren Kilat Buddhis untuk Sekolah Kartini. Kegiatan dilaksanakan di Wihara Amitabha pada tanggal 18 - 19 Agustus 2011
Suasana Kegiatan Pesantren Kilat Buddhis Sekolah Kartini di Wihara Amitabha

September 2011
Dalam bulan ini, GMVBB kembali dengan kegiatan anualnya yaitu Perayaan Moon Festival. Acara berlangsung dengan sangat meriah. Dalam kegiatan ini, terdapat 4 macam permainan berhadiah  yang dapat dimainkan secara gratis. Semua orang dapat mengungkapkan harapan mereka dalam "Wishing".

Kolam Wishing dan Baloon Wishing
4 Permainan dalam Moon festival: Dart Game, Shoot the Pig!, mini Golf, dan
Binggo Ball
Oktober 2011
Pada Bulan ini, yakni tanggal 30 Oktober 2011 dilaksanakan Latihan meditasi Outdoor pada anak-anak SMB Vihara Budhi Bhakti di Vihara Budhi Bhakti.


Desember 2011
Pelantikan Kepengurusan GMVBB Periode 2011 - 2013
Setelah 2 tahun berlalu, akhirnya masa kepengurusan GMVBB 2009 - 2011 telah usai. Usai tidak berarti berakhir sampai disana saja. Terbentuklah kepengurusan baru baik dengan anggota lama dan baru. Dalam masa Kepengurusan GMVBB 2011 - 2013, terpilihlah sdr. Candy Mudyta sebagai Ketua GMVBB periode 2011 - 2013




Munas & STKN Sekber PMVBI - Palembang
Beberapa anggota Generasi Muda Mudi Vihara Budhi Bakti (GMVBB) maupun peserta Sekolah Minggu Buddhis (SMB) Vihara Budhi Bhakti mengikuti acara Musyawarah Nasional XIII & Sarasehan-Temu Karya Nasional 2011 Sekber PMVBI di Palembang pada tanggal 28-31 Desember 2011
Acara pembukaan Munas XIII di Palembang tanggal 28 Desember 2011

Berkumpul dan ber sarasehan adalah satu caranya untuk meningkatkan kesalingpahaman, kekompakan dan saling belajar antara satu dengan yang lain....

Dalam kegiatan Temu Karya Nasional 2011
Sekretariat Bersama Persaudaraan Muda Mudi Vihara-Vihara Buddhayana Indonesia
(Sekber PMVBI) - Pemuda Buddhayana
di Kota Palembang
Kontingen Kepulauan Riau berhasil meraih 2 piala, yaitu:
1. Juara 2 Lomba Dharmaduta -
Candy Mudyta - Generasi Muda Mudi Vihara Budhi Bhakti

2. Juara 3 Lomba Cipta Karya Lagu Buddhis
Pricella - Persaudaraan Muda Mudi Vihara Maitri Sagara

3. Finalis Duta Buddhayana Kategori Pria
Dedi Dinarto - Generasi Muda Mudi Vihara Budhi Bhakti

Semoga ini menjadi awal yang baik untuk pemuda Buddhis di Kepri terus termotivasi untuk maju dalam mengembangakan Buddha Sasana.


 Munas dan STKN berjalan lancar selama 4 hari. Akhirnya, ko Suryanto, ST terpilih sebagai ketua Sekber PMVBI periode 2011-2013. Selamat!
Sungguh merupakan pengalaman yang luar biasa bertemu dengan teman-teman sedharma dari daerah yang berbeda-beda!

Sementara di Batam, GMVBB sendiri mengadakan acara untuk menyambut tahun baru pada tanggal 31 Desember 2011 dengan berkumpul bersama di Vihara Budhi Bhakti, kemudian menonton video, dan juga acara tukar kado.


Kegiatan Tahun 2012
Januari 2012
Selamat Tahun Baru dan Hari Metta 2012.
Seperti tahun sebelumnya, pada tanggal 1 Januari 2012 Vihara Budhi Bhakti mengawali tahun baru bersama umat Buddha dengan merayakan hari Metta, dengan melaksanakan Puja Bhakti bersama dan diakhiri dengan Fangshen yang dipimpin langsung oleh YM. Bhante Vuddhiko.

Pada tahun 2012, imlek 2563 jatuh pada tanggal 23 Januari 2012. Seperti tahun lalu, GMVBB turut pai cia ke rumah teman-teman maupun sesepuh.

Seperti tahun lalu juga, kami juga mengunjungi rumah sesepuh agama Buddha bpk. Alo dan melihat-lihat relic yang ia miliki..

Februari 2012
15 hari setelah imlek, kita semua merayakan Cap Go meh, atau disebut juga Magha Puja.
pada tahun 2012, GMVBB mengadakan perayaan Magha Puja 2555 BE pada tanggal 6 Februari 2012.
acara-acara berupa kebaktian, perayaan pelita dan kembang api.


selain itu Cai Sen Ye juga turut meramaikan malam Cap Go meh

Maret 2012
Pada minggu pertama Maret yaitu 3-4 Maret 2012 , Vihara Budhi Bakti kedatangan seorang penganut agama Buddha yang berasal dari Singapura bernama Mr. Lim Lawrence dan ia merupakan murid dari Bhante Kheminda. Ia datang ke VBB untuk menyampaikan dhammatalk atau ceramah mengenai dharma.

Kemudian GMVBB juga menjadi panitia dari Musyawarah daerah  (Musda) II yang diadakan selama 2 hari pada tanggal 10-11 Maret 2012. Perwakilan-perwakilan dari PMV/C di berbagai daerah di Kepri berdatangan ke Batam untuk mengikuti Musda II.
Pada hari pertama, pembukaan Musda diadakan di Hotel Utama dan dihadiri juga oleh ketua sekjen PMVBI, Suriyanto, ST beserta jajarannya, kemudian ketua Wanita Buddhis Indonesia daerah Kepri, ibu Sumita dan masih banyak lagi.
Pada hari kedua, sidang lanjutan Musda berlanjut ke Vihara Maitri Sagara dan para peserta Musda juga tinggal dalam vihara.
Akhirnya Musda pun selesai dan hasilnya Candy Mudyta dari Vihara Budhi Bakti menjadi Ketua Sekber PMVBI daerah Kepri baru periode 2012-2014. Selamat kepada saudara Candy!

1 comment: