Monday 25 June 2012

Perayaan Waisak 2556 BE/2012

Pada bulan Mei yang lalu, umat Buddha di seluruh dunia merayakan Hari Raya Waisak 2556 BE. Begitu juga dengan Vihara Budhi Bhakti. Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan untuk memperingati Hari Raya Waisak 2556 B.E. baik sebelum dan harihanya Waisak.
Pada bulan April yang lalu, Vihara Budhi Bhakti mengadakan Sebulan Penghayatan Dharma. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 6 April 2012 – 6 Mei 2012. Sebulan Penghayatan Dharma merupakan kegiatan satu bulan penuh, dimana kita menghayati Dharma yang telah diajarkan oleh guru agung kita yaitu sang Buddha. Oleh karena itu, dalam satu bulan dilaksanakan pembacaan paritta suci dan pada hari sabtunya dilaksanakan Kebaktian umum dan ceramah Dharma. Dalam satu waktu,  pembacaan paritta juga dilakukan di rumah Sdr. Kevin Theodore Siswanto yang pada waktu itu juga diisi dengan ceramah dharma oleh Y.M. Bhante Vuddhiko.

Pada Bulan April juga, untuk menyambut Waisak maka dari Sekolah Minggu Buddhis Vihara Budhi Bhakti mengadakan berbagai lomba untuk menyambut Waisak. Pada tingkat SD dilaksanakan Lomba Mewarnai (22 April 2012) dan lomba Fun games yang antara lain: makan kerupuk, susun puzzle, roda manusia, tarik tambang dan lompat sarung. Pada tingkat SMP diadakan lomba membuat cerpen dan permainan benang kusut. Dan pada tingkat SMA diadakan lomba GO GREEN Creativity, Tes Potensi Akademik Buddhis dan Lomba Futsal.




Pada perlombaan yang diadakan pada tanggal 29 April 2012, juga diadakan Perlombaan futsal Sekolah Minggu Buddhis antar Persaudaraan Muda-mudi Vihara (PMV). Lomba futsal ini diikuti oleh 8 tim yang berasal dari 5 Vihara yang berbeda-beda. Tujuan perlombaan ini dilakukan agar dapat menjalin persaudaraan yang baik antar muda-mudi Vihara-Vihara dan untuk meningkatkan minat siswa-siswi Sekolah Minggu Buddhis untuk pergi ke Vihara. 


Perlombaan diadakan di Ikan Daun Family Arena


Para peserta perlombaan Futsal "Sport Day-Keakraban"

 Para Pemenang Lomba Futsal
dari kiri: PMV Dharma Bhakti (juara 2), PMV Samudra Bhakti (juara 1) dan PMC Ananda (juara 3)


Pada tanggal 4 Mei 2012, Vihara Budhi Bhakti membuka Pemandian Buddha Rupang (yi fo) dan Penyalaan pelita (点灯) di Lapangan Vihara Budhi Bhakti. Pemandian Buddha Rupang dan Penyalaan pelita dibuka selama 3 hari. Pemandian Buddha Rupang memiliki makna sebagai simbol menyambut kehadiran sang Bodhisatva, Siddharta Gotama, seperti halnya, pangeran Siddharta lahir ke dunia ini, disambut oleh hujan panas dan dingin, serta bunga yang harum dari para dewa. Sesungguhnya makan dari tradisi ini lebih untuk mengingatkan umat Buddha senantiasa sadar dan menyelaraskan diri dengan lingkungan, selalu mensucikan pikiran kita, ucapan kita dan perbuatan kita. Makna dari penyalaan pelita adalah simbol penerangan yang berarti semoga dengan pelita yang kita terangi, kita dapat menjadi seperti pelita, menjadi terang bagi sekitarnya. Begitu juga kita menjadi penerang, penyejuk bagi orang di sekitar kita. Makna pelita puja juga untuk kesejahteraan semua makhluk serta melimpahkan jasa kebajikan.
Dan pada malam cap go meh yaitu tanggal 5 Mei 2012, Vihara Budhi Bhakti melaksanakan Pembacaan Paritta dan Pradagsina. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada sore hari menjelang malam. kegiatan tersebut dipimpin oleh Pandita Romo Ngateman S, Ag dan diisi dengan ceramah Dharma oleh Y.A. Samanera Romi. Setelah pembacaan paritta, dilanjutkan dengan meditasi dan kemudian dilanjutkan dengan prosesi lilin (Pradaksina). 
Setelah itu, dilanjutkan dengan Pentas Seni Waisak 2556 B.E. Vihara Budhi Bhakti. Pada pentas seni tersebut diisi dengan berbagai acara yang menarik seperti tarian lagu Buddhis, nyanyian lagu Buddhis, ballet, sulap dan drama. Pada Pentas Seni Waisak juga diumumkan pemenang Lomba Pra Waisak yang diadakan pada bulan April yang lalu.



Pada Keesokan harinya yaitu tanggal 6 Mei 2012, dimana hari itu adalah Hari jatuhnya detik-detik Waisak 2556 BE. Vihara Budhi Bhakti mengadakan puja Bhakti menyambut detik-detik Waisak 2556 B.E. pada pukul 09.00 WIB. Puja bhakti dipimpin oleh Pandita Romo Ngateman S, Ag dan dihadiri oleh Bhante Bhadrakirti. Pada beberapa menit sebelum detik-detik Waisak 2556 BE yaitu pukul 10.34.49 semua umat yang hadir melakukan meditasi untuk menyambut detik-detik Waisak. Setelah puja bhakti dan meditasi, selanjutkan Bhikku Sangha memberi Dhammadesana (Ceramah Dharma) kepada umat yang hadir dan kemudian dilanjutkan dengan Pemercikan Air Paritta oleh Bhikku Sangha kepada umat yang hadir.


Demikianlah serangkaian Kegiatan Waisak 2556 B.E. Terima kasih kepada para Donatur dan semua pihak yang telah membantu dalam perayaan Waisak 2556 B.E. Vihara Budhi Bhakti. Akhir kata terima kasih.
Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitatta
Semoga Semua Makhluk Berbahagia
Sadhu.....Sadhu.....Sadhu.....


Perayaan Waisak 2556 BE/2012 di SMAK Yos Sudarso
11 Mei 2012, Pukul 12.45 - 03.00 WIB
Waisak Sekolah Yos Sudarso telah menjadi agenda rutin yang telah berhasil dipelopori oleh GMVBB, untuk siswa-siswi Sekolah Katolik Yos Sudarso yang Beragama Buddha dapat bersuka cita dalam membuat waisak an di sekolah.

Dalam kesempatan ini, 2 Bhikkhu dari Sangha Agung Indonesia, berkenan untuk menghadiri kegiatan dan berbaur dengan guru-guru di sekolah.
Ceramah Dharma oleh YM. Bhikkhu Badra Kirti.
Bhante menagih para siswa dengan ayu vanno sukkham balam (umur panjang, kecantikan, kebahagiaan, dan kekuatan). Untuk mendapatkan itu, para siswa harus selalu menghormati dan menghargai orang yang lebih tua, dengan guru-guru, sesama murid.
Selain itu, harus selalu bersyukur dan juga membalas budi para guru dan semua orang yg berjasa.
Dan terakhir, jangan lupa dan malas belajar Dhamma, ayo jadi orang Bijak..
 
 

0 comments:

Post a Comment