Sunday 3 February 2013

Bina Widya 2012

Sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan pada Musda Sekber PMVBI 2012 lalu, maka diadakan Bina Widya 2012. Bina Widya ini merupakan Retret Pemuda Buddhis yang berisikan tentang pelatihan spiritual berupa Studi, Aksi dan Meditasi yang dikemas dalam 3 hari 2 malam dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta agar dapat selalu ikhlas, welas dan mawas. Acara ini dibawa oleh Mom. Handaka Vijjananda, pendiri Ehipassiko Foudantion dan terkenal sebagai sosok tokoh Buddhis yang turut memajukan agama Buddha di Indonesia.

Bina Widya 2012 diadakan pada tanggal 28-30 Desember 2012 di Pulau Moro, Karimun tepatnya di Vihara Vipassana Giri. GMVBB hanya mengirim 5 orang untuk mengikutinya namun secara keseluruhan peserta yang mengikuti Bina Widya mencapai 75 orang yang berasal dari berbagai vihara dan daerah.

Pembukaan pada hari pertama diadakan di Sinar Moro. Dimulai dengan laporan dari Ketua Panitia, Sdr. Arjunita, aneka acara hiburan, penyerahan cindera mata, hingga foto bersama. Acara berlangsung dengan baik dan lancar.


Selanjutnya, acara Bina Widya pun resmi dimulai. Selama 3 hari 2 malam, para peserta pun mengikuti acara dengan senang dan penuh kesadaran. Acara diawali dengan pengambilan Atthasila oleh YM. Bhikkhu Vuddhiko. Dengan mengambil Atthasila maka peserta diwajibkan untuk menjalankan Pancasila dan 3 sila tambahan dalam 3 hari tersebut yang salah satunya yaitu tidak makan setelah jam 12 siang sehingga peserta hanya makan 2 kali sehari yaitu pagi dan siang.
Setiap pagi, tidak lupa juga peserta melakukan Olahraga pagi yang dibimbing langsung oleh MoM. Handaka. MoM. Handaka mengajarkan banyak hal dalam olahraga pagi yang salah satunya yaitu 'Lion Air'.

Ketika makan juga kami tidak lupa untuk melakukan meditasi makan. Meditasi makan yaitu makan dengan penuh kesadaran, sehingga ketika kami makan, kami hanya makan tanpa memikirkan hal-hal yang lain. Dalam kegiatan-kegiatan bebas pun kami diingatkan untuk selalu melakukan segala hal dengan penuh kesadaran, melakukan Noble Silent yaitu berbicara ketika diperlukan saja.

Selama di sana, kami juga dibekali banyak hal oleh guru pembimbing, MoM. Handaka Vijjananda ditemani dengan anak angkatnya, Ko Andre 'Pu Kong'. Ada 3 bagian besar yang diajarkan yaitu dalam bidang Studi, Aksi dan Meditasi. Dalam studi, MoM. Handaka mengajarkan 7 Magic Rules. Dari sana, kami mendapatkan banyak pelajaran berharga tentang kehidupan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Aksi, peserta yang tergabung dalam berbagai kelompok mengikuti berbagai acara seperti debat dalam agama Buddhis, Founding Foundation, dan juga melakukan kebajikan spontan. Dalam Meditasi, kami diajarkan berbagai jenis meditasi seperti meditasi pernafasan, Sathi Sampajana, dll. Kami juga selalu diingatkan untuk melakukan meditasi dalam kegiatan apapun yang berupa menjalankan setiap kegiatan dengan mawas diri.



Pada hari terakhir, YM. Bhikkhu Kusalananda melengkapi kegiatan Bina Widya ini dengan memberikan Dhamma mengenai berbagai hal seperti tata cara melakukan dana makanan kepada Bhikkhu, Dasapunnakiriyavattu atau 10 dasar perbuatan kebajikan dan juga diskusi Dharma.

Tidak terasa akhirnya Bina Widya sudah mencapai penghujung acara yang akhirnya ditutup dalam acara Malam Penutupan dan disertai dengan Pentas Seni Budaya dari berbagai Pulau di Kepulauan Riau, juga foto bersama pada malam penutupan.


Sungguh pengalaman 3 hari 2 malam yang tidak terlupakan. Melalui Bina Widya ini, kami pun mendapatkan banyak pelajaran berharga dan dapat melatih diri untuk menjadi lebih ikhlas, welas dan mawas. Terima kasih kepada MoM. Handaka yang banyak membagi ilmunya yang berguna bagi kami. Semoga Bina Widya dapat diadakan lagi di tahun 2013!

0 comments:

Post a Comment