Friday 1 February 2013

Penyambutan Tahun Baru 2013 dan Metta Day

Generasi Muda Mudi Vihara Budhi Bhakti tidak kelupaan mengadakan acara untuk menyambut tahun baru 2013. Pada 31 Desember 2012, GMVBB mengisi akhir tahun 2012 dengan berkumpul bersama di wihara, bermain permainan game Dharma yang seru dan juga ada acara tukar kado bersama.


Kemudian pada pukul 23.15 WIB, genta berdentang. Bait paritta suci terdengar menembus suasana hening di malam hari yang dipenuhi oleh suara petasan kembang api di luar. Aradhana Devata, Namakara Gatha, Vandana, Tisarana, Pancasila, Buddhanusati, Dhammanusati, Sanghanusati, Saccakiriya Gatha, Karaniya Metta Sutta, Brahmaviharapharana terkumandang secara rapi dan berirama surgawi.
Kemudian dilanjutkan dengan Perenungan akhir tahun yang dibawakan oleh Romo Ngateman ditengah keheningan meditasi cinta kasih yang merasuk ke jiwa, menyadari segala perbuatan tindakan ucapan pikiran di tahun 2012 dengan berbagai fenomena alam yang merupakan fenomena Dharma mengingatkan kita untuk harus terus berlatih dan bersemangat melatih lagi untuk lebih baik di tahun 2013.
 
Diakhiri dengan pelimpahan jasa, puja bhakti akhir tahun 2012 ini ditutup dengan Namakara Gatha. 
Sungguh malam New Year Eve yang indah di wiharaku yang sederhana tercinta ini.
 Keesokan harinya, GMVBB turut memperingati hari Metta. Hari raya Metta dirayakan pada bulan Januari, dan hari raya ini jatuh tepat pada tanggal 1 Januari. Hari raya Metta ini tidak ada hubungan dengan kehidupan Sang Buddha Gotama. Hari raya Metta ini baru ditetapkan pada tahun 1970 oleh World of Buddhist Council di Hongkong. Peristiwa ini terjadi sehubungan dengan peresmian sebuah rumah sakit Buddhis. Maka, diadakan Puja Bhakti bersama mengawali tahun 2013 di Vihara Budhi Bhakti pada Pukul 09.30-11.00. Puja Bhakti Hari Metta dipimpin oleh YM. Bhikkhu Vuddhiko dan diikuti oleh umat walaupun tidak banyak. Namun, makna dari Hari Metta dan pemaknaan terhadap tahun baru tetap tersampaikan. Anumodana Bhante telah menyadari kepada kita untuk terus memaknai tiap hari tanpa dosa (kebencian) melalui cerita tentang Kisah Kalyakkhini. Kisah yang sangat menginspirasi agar tidak mendendam sepanjang masa. Lepaskan kebencian kita.

"Na hi verena verāni sammant’ idha kudācana
averena ca sammanti, esa dhammo sanantano."

Kebencian tak akan pernah berakhir apabila dibalas dengan kebencian.
Tetapi, kebencian akan berakhir bila dibalas dengan tidak membenci,
inilah satu hukum abadi.

Sadhu...Sadhu...Sadhu...
 
Setelah Puja Bhakti, GMVBB juga melakukan Dana Makan Siang kepada anggota Sangha pada pukul 11.20 WIB. Tidak ketinggalan juga setelahnya GMVBB melakukan foto bersama dengan YM. Bhikkhu Vuddhiko.

 
Walaupun tidak dilakukan Fang Shen pada tahun ini yang biasanya selalu dilakukan setiap hari Metta, namun makna dari Hari Metta tetap tersampaikan. Semoga tahun depan Perayaan Hari Metta dapat diikuti dengan umat yang lebih banyak lagi.
Sadhu..Sadhu..Sadhu

0 comments:

Post a Comment